Yang Menarik Dari Rumah Minimalis



 Rumah minimalis itu lebih daripada sekedar gaya atau model, rumah minimalis semestinya mencerminkan filosofi hidup Anda dan keluarga. Kalau tidak, konsep minimalis bukanlah konsep yang tepat untuk rumah Anda. Pertanyaannya adalah filosofi hidup macam apa yang cocok dengan konsep rumah minimalis?

Desain rumah minimalis itu lebih terkesan modern, praktis, mengikuti perkembangan jaman atau up to date, dan tampak elegan.

Yang pertama adalah Anda lebih mementingkan yang esensial, yang mendasar daripada segala ornamen atau hiasan. Bahasa ringkasnya adalah ambil yang penting saja, fungsional. Kalau ada bagian atau sesuatu yang tidak penting bisa disingkirkan. Penerapan dalam desain rumah minimalis, misalnya di ruang duduk berisi sofa, coffee table, credensa mungkin sudah cukup. Ornamen ukiran tidak esensial untuk seorang yang bergaya minimalis. Dekorasi rumah seperti lukisan, vas bunga, dipilih sesedikit mungkin. Dan diletakkan sebagai aksen agar rumah tidak membosankan. Tetapi juga tidak penuh dengan barang. Di atas meja mungkin sebuah vas bunga yang simple sudah cukup. Di dinding, satu dua lukisan dan foto barangkali sudah lebih dari cukup.

Kedua, Anda lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Sedikit tapi bermutu. Diterapkan dalam desain berarti: daripada banyak barang, desain rumah minimalis hanya mengambil yang betul-betuk hanya berguna dan disukai saja. Ruangan banyak dibiarkan lega sebagai bagian dari interior itu sendiri. List plafon tidak diperlukan. Apalagi yang berukir-ukir dihindari. Justru pertemuan antara plafon dan dinding yang dibuat sangat rapi lebih diutamakan.

Ketiga, Anda menyukai kebersihan. Anda tidak biasa melihat meja makan yang penuh dengan makanan dan piring sepanjang waktu. Anda tidak bisa membiarkan kitchen set Anda penuh dengan piring kotor. Anda tidak bisa membiarkan tempat tidur yang berantakan ketika tidak dipakai. Anda tidak nyaman berada pada kamar mandi yang basah sepanjang waktu. Diterapkan dalam desain: berarti Anda ingin membuat semua sudut di ruangan/ atau dirumah mudah dibersihkan. Tidak ada permukaan yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.

Sampai di sini, apakah Anda seorang yang cocok untuk mempunya rumah bergaya minimalis? Cobalah cek di kamar tidur atau di ruang tamu Anda. Berapa banyak barang yang tidak esensial di situ? Kalau ada banyak foto, ada banyak hiasan, ada banyak sovenir yang Anda pajang, mungkin Anda tidak cocok dengan gaya rumah minimalis.

Silakan cek juga meja makan Anda, apakah Anda biasa membiarkan makanan dan jajanan ada di atas meja makan sepanjang waktu, atau, Anda lebih suka meja makan yang kosong bersih tanpa taplak meja dan hanya tersedia makanan di saat makan. Selesai makan, semua dibersihkan. Hmm, mungkin Anda cocok punya rumah minimalis. Tetapi, kalau Anda seorang kolektor barang Antik. Jangan paksakan membuat rumah minimalis.

Model desain rumah minimalis atau model desain rumah yang lain adalah merupakan pilihan. Apa pun yang menjadi pilihan Anda adalah hak Anda. Kalau saat ini memang rumah minimalis sedang menjadi tren di perkotaan dan sudah mulai merembet ke desa. Di mana pun kita tinggal, kita berhak memiliki rumah seperti yang kita inginkan. Sekian, semoga bermanfaat.