Desain Kamar Tidur Minimalis



Dalam Segi Arsitek rumah, tentunya kita tidak hanya fokus saja pada tahap perancangan eksterior rumah saja tentunya, faktor desain interior rumah juga sangat sekali perlu kita cermati, terutama untuk masalah mendekorasi dan mendesain kamar tidur, sebenarnya untuk masalah desain kamar tidur, faktor utama dalam perancangan dan pembuatan desain kamar ada banyak hal, tetapi pada postingan kali ini lebih ditekankan pada luas area, semisal dalam pembangunan kamar kita terbentur denga masalah luas ruangan ( space ), untuk desain arsitek rumah minimalis ada satu solusi yang bagus yaitu dengan dekorasi dan  desain kamar tidur minimalis, tentunya.
Ada banyak hal untuk mensiasati, supaya kamar kecil yang kita desain mempunyai kesan yang mewah dan menyegarkan, salah satunya adalah pemilihan warna. Dalam kehidupan sehari-hari , tanpa sadar warna dapat mempengaruhi tubuh kita, warna mampu menyebabkan pikiran kita tenang dan rileks. Warna dan hubungannya dengan energi tubuh ini terfokus pada tujuh titik mayor yang disebut cakra yang masing-masing berkorelasi dengan sistem organ dan warna tertentu.
Hubungan warna biru, misalnya, erat dengan cakra tenggorokan. Biru merupakan warna yang menyenangkan dan sangat baik digunakan untuk mengatasi insomnia, gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma, dan migren. Pasangan warna biru biasanya oranye. Warna biru juga baik digunakan untuk relaksasi yang dapat dilakukan sebelum tidur atau saat terbangun di pagi hari.
Dengan pasangan warna-warna tersebut, silakan saja menghias rumah atau kamar tidur supaya kualitas hidup semakin baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti warna sprei maupun sarung bantal dengan warna biru bila Anda sedang mengalami ketegangan
Beberapa warna pilihan untuk warna kamar tidur :
  • Warna hangat : merah, kuning, coklat, jingga. Dalam lingkaran warna terutama warna-warna yang berada dari merah ke kuning.
  • Warna sejuk : dalam lingkaran warna terletak dari hijau ke ungu melalui biru
  • Warna tegas : warna biru, merah, kuning, putih, hitam
  • Warna tua/gelap : warna-warna tua yang mendekati warna hitam (coklat tua, biru tua, dsb).
  • Warna muda/terang : warna-warna yang mendekati warna putih.
  • Warna tenggelam : semua warna yang diberi campuran abu-abu.
Faktor lainnya yang perlu di kaji, selain warna adalah faktor pencahayaan, karena pencahayaan mampu membuat suasana dan kesan desain kamar tidur minimalis anda jadi berbeda.  Faktor pencahayaan sekarang ini memegang peranan penting dalam interior rumah. Suasana dan tema ruangan pun akan terdukung dengan elemen yang satu. Dengan teknik pencahayaan yang tepat, dapat menghadirkan suasana yang diinginkan, seperti kemewahan atau hangat. Cahaya kamar akan mempengaruhi mood  anda. Dalam beberapa kondisi tertentu, pencahayaan yang tepat akan dapat memperbaiki, bahkan mengubah dan meningkatkan mood atas sesuatu. Tidak heran, jika ruangan yang remang-remang akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Untuk itu sangat disarankan ruangan tidur Anda memiliki cahaya remang-remang agar Anda dapat merasa lebih rileks.
Tidak ada salahnya Anda mencoba berbagai setting cahaya dalam ruangan. Setiap tempat berbeda, dan perabotan yang ada juga akan menyumbangkan faktor tambahan yang harus Anda pertimbangkan, sudut dan ukuran tembok, tinggi langit-langit, semua hal akan mempengaruhi, dan tidak ada aturan absolut mengenai pencahayaan. Trik untuk mengatasi pada masalah pencahayaan kamar tidur adalah dengan pengunaan Dimmer. Dimmer akan sangat membantu Anda untuk mengatur intensitas cahaya yang Anda butuhkan. Apakah Anda ingin remang-remang, atau cukup terang, atau bahkan gelap gulita? pilihannya bukan cuman gelap dan terang, dengan dimmer Anda bisa mengatur seberapa terang dan gelap ruangan Anda!